STMIK KHARISMA Makassar
Dosen STMIK KHARISMA Makassar Mengembangkan Jaringan Sensor Nirkabel untuk Presisi Pertanian.

Dosen STMIK KHARISMA Makassar Mengembangkan Jaringan Sensor Nirkabel untuk Presisi Pertanian.

Pengambilan data kondisi lahan dan evaluasi prototip di desa Maradekaya, Gowa


Salah satu dosen STMIK KHARISMA Makassar. Dr. Eng. Moh. Fajar, S.Kom.,M.T bersama kelompok riset (research group) Software Engineering and Embedded System, STMIK KHARISMA, saat ini melakukan studi di bidang jaringan sensor nirkabel untuk presisi pertanian. Prototip yang dikembangkan akan melakukan pemantauan kondisi lahan pertanian dan menyimpannya ke basis data yang kemudian selanjutnya dapat dipresentasikan ke user atau para pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pertanian melalui aplikasi web.

Ditemui di laboratorium, di kampus STMIK KHARISMA Makassar. Dr. Fajar, menjelaskan bahwa presisi pertanian adalah salah satu sistem manajemen pertanian yang lengkap dan teknologi informasi merupakan komponen utama dalam sistem presisi pertanian ini. Dengan teknologi informasi, petani mendapatkan informasi yang akurat kapan sebaiknya melakukan penanaman,  pemupukan,  pengairan atau pengaturan sistem irigasi hingga pemanenan.

Setelah prototip yang dikembangkan ini selesai diuji dilaboratorium, maka kelompok riset Software Engineering dan Embedded System, STMIK KHARISMA Makassar akan melakukan uji implementasi di salah satu desa di kabupaten Gowa.

Uji coba prototip jaringan sensor

Pemasangan node dan sensor kelembaban tanah

 

Penyajian informasi di web

Salah satu bentuk penyajian informasi kondisi lahan pertanian di web


0 Komentar

Tulis Komentar