STMIK KHARISMA Makassar
Seminar Internet of Things (IoT) di STMIK KHARISMA Makassar

Seminar Wireless Embedded Systems dan Internet of Things (IoT)


Diera Internet of People atau juga sering disebut era social media, produksi informasi diinternet bergantung pada manusia. Maka diera Internet of Things (IoT), produksi informasi diinternet dilakukan oleh “things” yang bisa berupa apa saja termasuk manusia. Sebagai contoh: aplikasi IoT Smarthome, dimana rumah dan perangkat-perangkat didalamnya dapat mengirim datanya ke Internet tanpa keterlibatan manusia untuk dishare, diproses dan ditindaklanjuti. Lemari es dapat mendeteksi stok persediaan makanan/minuman yang ada didalamnya dan mampu melakukan order ke sistem yang ada disupermarket secara otomatis.

 

Kalimat diatas merupakan salah satu penggalan penjelasan pemateri dalam seminar Wireless Embedded Systems dan Internet of Things di Aula kampus STMIK KHARISMA Makassar. Jl. Baji Ateka No.20.

Seminar yang diadakan pada hari Rabu 20 April 2016 ini, diikuti oleh seratus lebih peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Hadir sebagai pembicara bapak Dr. Eng. Moh. Fajar, S.Kom., M.T dan bapak Abdul Munir S, S.Kom., M.T. keduanya adalah dosen STMIK KHARISMA Makassar yang juga merupakan anggota kelompok riset/kajian Software Engineering, Embedded Wireless Systems dan Networking.

 

 

Seminar Wireless Embedded Systems dan Internet of Things

 

Bapak Abd. Munir S, S.Kom., M.T sedang menjelaskan bagaimana membangun stasiun cuaca berbasis platform Arduino

 

 

Ditemui diacara seminar, Dr. Fajar menjelaskan bahwa Internet of Things saat ini menjadi trend teknologi informasi, hingga beberapa tahun kedepan. Meskipun terbilang baru, tapi perkembangannya sangat cepat, terlebih lagi  perusahaan-perusahaan IT besar seperti Intel, IBM, Google, Microsoft, dan Cisco beramai-ramai menjadi leader di bidang ini. Semakin banyak perangkat yang terkoneksi ke Internet maka semakin besar peluang bisnisnya.

 

Ketua Panitia seminar, Fardhy Wiharjo mahasiswa Teknik Informatika melaporkan bahwa seminar dikemas dalam dua sesi. Sesi pertama membahas tentang konsep dasar Wireless Embedded Systems dan Internet of Things. Sedangkan sesi kedua mengajarkan kepada peserta bagaimana mengembangkan aplikasi IoT, termasuk contoh memanfaatkan platform dan Internet Cloud yang tersedia (semi workshop). Pada seminar ini peserta diajarkan secara langsung bagaimana membangun stasiun cuaca sederhana (Weather station) dan Membuat tanaman dirumah mampu melakukan tweet di twitter secara otomatis (OpenGarden IoT ala STMIK KHARISMA Makassar) berbasis platform Arduino.

 

 

 

Semarak Seminar Wireless Embedded Systems dan Internet of Things

 

 

Seminar juga disemarakkan dengan quiz dan doorprize yang disediakan oleh panitia.


0 Komentar

Tulis Komentar